Senin, 14 April 2008

Honda, mobil ramah lingkungan


FOTO: Penulis bersama Takeo Fukui,
President Honda Motor Co., Ltd, di Tokyo

Honda dan teknologi "hijau"Tokyo Motor Show (TMS) yang berlangsung 25 Oktober-5 November 2003 di Makuhari Messe, Chiba, seakan menjadi bukti bahwa produsen mobil dunia sedang berlomba mengkonstruksi teknologi ramah lingkungan. Setidaknya hal itu bisa dilihat dari keseriusan Honda mempertontonkan komponen Fuel Cell Stack terbaru yang diaplikasi pada mobil FCX.

FCX merupakan mobil “hijau” yang diklaim Honda memiliki tingkat polusi lebih rendah dibanding standar emisi gas buang kendaraan bermotor di Jepang. Bahkan 75% lebih rendah dari standar regulasi akan diberlakukan pertengahan tahun depan.Mobil ini mulai direkayasa Honda pada 1980-an. Sepanjang tahun itu hingga 2001 Honda telah megeluarkan tiga generasi, yakni FCX-V1, FCX-V2 dan FCX-V3.

Untuk FCX-V3 bahkan secara resmi telah digunakan beberapa instansi pemerintah di Amerika Serikat dan Jepang sebagai kendaraan operasional.Fuel Cell Stack terbaru—diberi julukan FC Stack—berfungsi sebagai pemeroses hidrogen yang disalurkan dai tangki hidrogen khusus.
Hasil dari proses itu sendiri digunakan sebagai bahan bakar motor utama penggerak roda depan FCX.
FC Stack memiliki keunggulan teknologi dibanding yang dipakai pada tiga generasi FCX sebelumnya. Dengan bobot lebih ringan (48 kg) dan volume lebih kecil (33 liter)—mampu menghasilkan energi sebesar 50 kW (kilowatt). Dengan bekal tenaga sebesar itulah FCX bisa dipacu hingga kecepatan 150 km/jam. Adapun torsi akhir yang diberikan motor pemggerak utamanya adalah 272 Nm.

Kesuksesan Honda memangkas dimensi dan bobot komponen fuel cell stack berkat digunakannya material baru dan penempatan struktur yang lebih efisien. Selain itu, teknologi kotak fuel cell FC Stack dapat dioperasikan kendati suhu berada di bawah 20 derajat celcius dan cuaca panas di atas 95 derajat celcius.
Dengan kata lain Honda FCX dapat dipakai di wilayah bersalju atau di padang pasir sekalipun.Honda R & D Co., Ltd., perusahaan riset teknologi milik Honda Motor Co., Ltd. telah mendapatkan sertifikat atas teknologi FC Stack dari Kantor Kementrian Transportasi dan Infrstruktur Darat, Jepang.

Sistem fuel cell dan performa Honda FCX rencananya akan diuji kembali di depan publik pada event ke 80 Hakone Ekiden Relay Race Januari 2004 mendatang. Diduga FCX masih akan menjadi primadona mobil berbasis fuel cell—ramah lingkungan—performa tinggi.

Penulis berkesempatan melakukan test-drive FCX berbasis FC Stack saat berkunjung di sirkuit milik Honda R & D Co., Ltd., di daerah Utsunomiya, sekitar 140 km dari Tokyo.

Performa FCX terasa cukup baik pada putara mesin atas dan bawah. Getaran mesin yang dihasilkan sangat halus, dan akselerasi pun cukup spontan.Paling mengesankan adalah di saat kecepatan menurun, secara otomatis ultra capasitor melakukan recovery energi. Bagian kabin dan belakang bodi FCX terbaru tampak lebih longgar dibanding FCX-V3 dikarenakan kotak sistem fuel cell diletakkan secara datar tepat di bagian bawah lantai kabin. (cak item)

Tidak ada komentar: